Milenial Mau Jadi Petani dan Dibantu Penyediaan Lahan? Begini Caranya



2020-12-16 08:24:35 , Admin Distan

PRFMNEWS - Pemprov Jawa Barat membuka kesempatan generasi milenial untuk menjadi petani. Bahkan pemerintah menyiapkan lahannya untuk digarap petani milenial.

Gubernur Jawa BaratRidwan Kamil mengatakan, program Petani Milenial akan dimulai pada Februari 2021. Ia mengungkapkan, tanahnya akan dipinjami oeh pemerintah dan produknya dibeli langsung oleh pemerintah dan forum off takers.

"Siap-siap ikut program PETANI MILENIAL JAWA BARAT. Di Februari tahun depan. Tanahnya dipinjami oleh pemerintah jika tidak punya dan produknya dibeli langsung oleh pemerintah dan forum off takers," tulisnya dalam akun instagram resminya @ridwankamil, belum lama ini.

Emil sapaan akrabnya menjelaskan, syarat untuk mengikuti program ini yaitu harus menguasai teknologi digital baik dalam produksi maupun dalam penjualannya.

"Syaratnya harus menguasai teknologi digital baik dalam produksi maupun dalam penjualannya," tambahnya.

Ia juga memberikan contoh seorang petani milenial asal Kabupaten Bandung Barat, Wisnu Saepudin (26) yang punya penghasilan Rp20 juta per bulan dengan bertani paprika.

"Wisnu Saepudin (26), anak muda di Kab Bdg Barat berpenghasilan 20 juta sebulan dengan bertani paprika di tanah 1,200 m2," ucapnya.

Menurutnya, menjadi petani milenial meski tinggal di desa, tapi bisa mendapat rezeki sekelas kota dan bisnisnya berpeluang mendunia.

"Pasca covid, jauh dari kota menjauhkan juga dari penyakit. Namun penguasaan teknologi 4.0 akan mendekatkan kita pada peluang tidak terbatas seperti halnya ekonomi kota selama ini," pungkasnya.***

Sumber : https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-131114102/milenial-mau-jadi-petani-dan-dibantu-penyediaan-lahan-begini-caranya?page=2

 

Hak Cipta © 2018, DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI JAWA BARAT, All Rights Reserved