DPRD Jabar H.A. Sopyan Sambut Baik Program 1.000 Petani Milenial di Jabar



2021-01-20 11:16:28 , Admin Distan

Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggagas program 1000 petani milenial, mendapatkan sambutan baik dari Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat (Jabar), H. A Sopyan, BHM mendukung dalam rangka menumbuhkan milenial yang berperan menjaga ketahanan pangan.

Menurut legislator Jawa Barat asal Sukabumi ini, jika dilihat dari statistik data petani di Jawa Barat sekitar 3,2 juta jiwa, hanya 30 persen atau 900 ribu yang merupakan dari kalangan pemuda atau milenial.

“Banyak potensi yang memang untuk lahan pertanian di Jawa Barat ini, bukan hanya pada sektor pertanian padi, tapi potensi lainnya yang memang bisa digarap oleh milenial,” ungkap H.A Sopyan BHM, kepada jurnalsukabumi.com, Selasa (19/01/21).

Menurut mantan Ketua KTNA Jawa Barat ini, jika melihat demografi di Jawa Barat ini 70 persen warga tinggal di pedesaan, tentunya hal ini akan menjadi daya ungkit untuk menggenjot potensi petani milenial.

“Yang paling penting adalah selain membentuk 1000 petani milenial, tapi bagaimana memberikan edukasi dan pendampingan kepada petani milenial ini bisa melakukan terobosan menjadi petani yang berdaya saing,” jelasnya.

Diharapkan dengan ribuan petani milenial ini bisa menciptakan dan merubah tatanan dan mindset keberadaan petani itu sendiri. Bukan hanya padi, tapi potensi lain yakni kopi, palawija, vanili dan pertanian lainnya.

“Mari rubah pola pikir saat ini menjadi petani adalah mulia dan menguntungkan baik secara pribadi, masyarakat dan negara. Apalagi terlibat dalam menjaga ketahanan di Jawa Barat,” pungkasnya.

Reporter: CR3 || Redaktur: FK Robbi

 

 

Hak Cipta © 2018, DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI JAWA BARAT, All Rights Reserved