Inspiratif, Gerakan Pertanian Urban di Kota Bandung Ini Diapresiasi Internasional



2021-10-13 08:41:07 , Admin Distan

 Kegiatan urban farming yang dijalankan oleh masyarakat di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat telah menarik perhatian dunia internasional.Pasalnya program yang diberi nama Buruan SAE (Sehat Alami Ekonomis) dan digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tersebut diketahui mendapat tempat di ajang Milan Urban Policy Pact (MUPP).

"Tahun 2020 Pak Wali itu sudah tanda tangan langsung keanggotaan kita bersama 215 anggota dari berbagai negara," terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, melansir dari humas.bandung.go.id.Gin Gin mengatakan, program pertanian di tengah kota tersebut merupakan inovasi yang teritegrasi dengan banyak pihak.

Dalam aktivitasnya, warga bisa memanfaatkan pekarangan atau lahannya dengan menanam sayuran, buah-buahan, memelihara ikan dan ternak.Selain itu, lewat inovasi tersebut warga juga bisa mengelola limbahnya dengan menjadikan kompos atau pakan ternak, sehingga tidak meninggalkan sisa residu.“Di Milan, Kota Bandung menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia, bahkan di ASEAN mungkin yang ikut di MUPP ini,” ucapnya bangga.

Sebagai poktan (pojok tani), misi Buruan SAE adalah menjadikan setiap halaman hingga pekarangan di kawasan tempat tinggal warga sebagai medium ketahanan pangan"Kita sudah beberapa kali presentasi di hadapan mereka, dan mereka itu sangat tertarik untuk mempelajari konsep berkebun dengan Buruan SAE ini. Karena kita paling komplet yang terintegrasi dengan banyak aspek," ungkap Gin Gin.Bahkan pada Juni 2021 lalu, program tersebut dikembangkan oleh warga di Jalan Cicalengka No 4 RW 01, Antapani Kidul dengan memanfaatkan atap (rooftop) Masjid Kalijaga sebagai kebun sayur dan kolam ikan.

Menurut Gin Gin, hadirnya Buruan SAE di masjid merupakan bagian dari program DKPP, yaitu "Mamatahan atau Masjid Alus Tur Makmur Hejo Pekarangan" sebagai area memenuhi kebutuhan masyarakat di masa pandemi Covid-19.Selain dikenal di dunia internasional, Buruan SAE juga telah mendapat apresiasi dari Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin.Saat Ma’ruf datang ke Kota Bandung pada 29 September 2021 lalu, orang nomor dua di Indonesia itu menyatakan kepuasannya karena di tengah lahan sempit perkotaan, warga Kota Bandung bisa berkolaborasi bersama pemkot untuk membangun lahan pertanian urban farming."Beliau sempat kagum dan sempat menyatakan tidak menyangka di Kota Bandung yang mungkin kota besar tapi ada yang bisa jadi lahan hijau. Beliau akan menginstruksikan untuk dilakukan di daerah kota kabupaten lain," ulasnya.

Sumber : https://www.merdeka.com/jabar/inspiratif-gerakan-pertanian-urban-di-kota-bandung-ini-diapresiasi-internasional.html?page=4

 

Hak Cipta © 2018, DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI JAWA BARAT, All Rights Reserved